Thursday, October 17, 2013

HRM

Analyzing Work and Designing Jobs
            Pembahasan kali ini mengenai matakuliah Psikologi dalam Manajemen SDM terkait dengan analisis pekerjaan apa saja yng menjadi cakupan HRM. Sebelum masuk ke inti pembahasan maka kita refresh dahulu mengenai organisasi dan HRM.
Organisasi à meliputi Visi Misi, struktur, job desc, kompetensi
                        HRP (Human Resource Planning)
HRM à meliputi rekrutmen, seleksi, kompetensi dan benefit, industrial relationship, administratif. Dimana cakupan ini semua tetap mengacu pada fungsi utama yaitu HRM as strategic partner, advocate, administrative, change agent
Dalam pengerjaannya Human Resource Management meliputi:
      1.      Recruitment and Selection
·         Posisi ini baik untuk individu dengan latar belakang ilmu psikologi dan management
·         Seleksi meliputi seleksi administratif yaitu mengecek file yang dilampirkan oleh pelamar, cek sesuai kebutuhan, kemudian pelamar dipanggil, diberi tes psikologi, wawancara, dan kemudian mengatur jadwal untuk bertemu lagi untuk menegosiasikan hal-hal yang dirasa perlu seperti gaji dan job rotationnya.
·         Recruitment ini bergantung pada jenis perusahaan dan besar kecilnya perusahaan. Bagi perusahaan yang masih kecil rekrutmen bisa dilakukan sendiri oleh owner ke rumah-rumah untuk menanyakan konfirmasi pelamar. Bagi perusahaan yang tidak kuat dalam aspek training and developmentalnya maka seleksi dan rekrutmennya yang harus diperketat
       2.      Training and Development
·         Dalam masa percobaan 3-6 bulan karyawan direkrut ada yang namanya on the job training yaitu pelatihan dalam percoban kerja. Selama individu dalam masa percobaan kerja sudah termasuk pelatihan keahlian.
·         Perusahaan jenisnya beragam, ada yang memperhitungkan aspek pelatihan dan pengembangan ada juga yang tidak.  Perusahaan yang menggunakan management training punya “sekolahan” sendiri dalam perusahaannya seperti Bakrie Learning Center. Dalam management training ini ada posisi sebagai operasional training meliputi: budgeting, evaluasi, efektivitas pelatihan, organizing place and people.
       3.      Organisational Development
·         Perusahaan yang memiliki bagian organizational development bisa dikatakan masuk dalam kategori perusahaan menengah ke atas (cukup besar)
·         Organizational development ini terkait perubahan dalam organisasi (ekspansi)
·         OD tidak harus ada bisa digantikan dengan project management, project management ini ada pada saat-saat tertentu saja
       4.      Payroll (kompensasi dan benefit)
·         Posisi ini ditempati oleh individu dengan latar belakang ilmu Finance dan Management
·         Payroll ini terkait dengan struktur pembayaran, individu yang ada dalam posisi ini sangat mahir dalam keuangan dan keahlian mengoperasikan ms.exel
       5.      Industrial Relationship

·         Posisi ini terkait bagaimana memahami hukum dan cara bernegosiasi

No comments:

Post a Comment